Katanya Krisis Hidup Seperempat Abad

Akhir-akhir ini aku sering merasa seperti tidak fokus dengan apa yang sedang aku kerjakan. Pernah aku sudah masuk ke dalam lift di kantor ketika akan pulang ke rumah. Waktu itu, laju lift dari lantai 19 ke lantai dasar rasanya memang lebih lama dari biasanya. Ketika pintu lift terbuka, ternyata aku masih di lantai 19. Baru sadar kalau aku lupa memencet tombol G (he he).

Kenapa ya?

Malam itu, sepanjang perjalanan pulang pikiranku menerawang kemana-mana. Tentang ragu yang aku rasakan hampir setiap harinya, yang membuat aku bertanya-tanya apakah yang aku berikan sudah sesuai dengan apa yang aku dapatkan. Tentang sepi yang aku rasakan ketika sedang sendiri atau tidak bersama teman-teman baik, yang membuat aku akhirnya justru memilih untuk tidak melakukan apa-apa dan menjadi tidak produktif. Tentang belum adanya seseorang yang bisa diandalkan oleh diri, yang akan meyakinkan bahwa semuanya baik-baik saja.

Semua itu akhirnya membawa aku ke sebuah pertanyaan, sebenarnya apa yang aku cari dalam hidup ini? Inikah yang katanya krisis hidup seperempat abad?

Pernah beberapa kali menceritakan hal ini kepada orang-orang terdekat. Salah satu temanku bilang kalau setiap individu secara natural akan mengalami fase kehidupan ini, jadi nikmati saja jalan yang harus dilewati, kamu tidak sendiri katanya. Tapi tidak sedikit yang bilang bahwa jawabannya mungkin sesederhana lebih banyak bersyukur setiap hari. Sampai suatu malam setelah hari itu, tiba-tiba aku merasakan ketenangan dalam hati. Keyakinan bahwa Allah akan mengabulkan apa yang menjadi doa-doaku. Disegerakan, ditunda, atau diganti dengan yang lebih baik. In shaa Allah. Karena tidak mungkin Allah ingkar janji.

Mungkin masih ada ragu setiap hari, mungkin masih ada sepi ketika sedang sendiri, pun belum ada seseorang yang bisa diandalkan oleh diri. Tapi sabar, tenang, dan percaya saja. Mungkin memang seperti ini jalannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s