23 Tahun

Saya sedang duduk sendiri di artisan gelato favorit saya. Hari ini mungkin kesempatan bagi saya untuk memberi waktu bagi diri saya sendiri, sambil merefleksikan apa saja yang sudah kita jalani selama setahun belakangan ini.

Tahun ini, saya bersyukur sekali karena kamu sudah diberikan banyak kesempatan baru. Walaupun beberapa membuat kamu berkali-kali berpikir takut salah dalam mengerjakan hal-hal itu. Tapi berkali-kali pula kamu disadarkan bahwa ternyata apa yang bisa kamu kerjakan lebih dari ketakutan dan keraguan yang sudah mengecilkanmu sendiri. Lega karena kamu masih bisa memberi manfaat untuk sekitar, seberapa besar atau kecil pun itu. Walaupun tidak jarang gagal ketika sudah berusaha maksimal, tapi kamu harus yakin bahwa porsi masing-masing individu di dunia ini sudah diatur dari sananya dan setiap individu pasti baik di bidangnya.

Tahun ini, saya bersyukur pula atas segala kebaikan yang kamu dapatkan dalam hidup setiap harinya. Tentang keluarga yang selalu mendukung di perjalanan yang menanjak dan menurun. Tentang teman-teman baik yang sudah banyak membantu, menemani, dan meyakinkan bahwa kamu tidak sendiri dalam menjalani fase kehidupan ini.

Hari ini, saya ingin kamu tahu bahwa satu tahun ini sudah kamu lalui sebaik yang kamu mampu. Terima kasih sudah berusaha menyelesaikan tanggung jawabmu dengan sebaik-baiknya. Terima kasih sudah berusaha menyelesaikan permasalahanmu sendiri ketika memang bisa diselesaikan tanpa meminta bantuan kepada orang lain. Terima kasih sudah melapangkan hati ketika mulai sesak. Terima kasih sudah menguatkan tekad ketika hidup membawamu naik atau turun. Terima kasih sudah percaya akan dirimu jauh sebelum mereka percaya akan kamu.

Satu tahun ke depan, saya berdoa semoga kamu masih selalu diberikan kesempatan baru. Semoga bisa membawa manfaat untuk sekitar, mendapat kesempatan untuk melakukan segala hal yang kamu cita-citakan, dan semakin berani untuk mengalahkan semua rasa takut dan ragumu.

Satu tahun ke depan, jika keraguan kembali muncul lagi, ingatkan diri sendiri untuk tidak berhenti. Karena mungkin jawabannya adalah mensyukuri dan ikhlas menjalani semua kesempatan yang ada di depan mata. Bahwa ‘this shall pass so just keep on moving’.

Satu tahun ke depan, kita coba bikin yang lebih baik lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s